Independen.Net

Portal Berita Independen

Sirkuit MotoGP Segera Dibangun di Mandalika Lombok

Sirkuit Mandalika, Sirkuit MotoGP Indonesia, Sirkuit MotoGP Nasional, Sirkuit MotoGP Lombok

Marc Marques Team Repsol Honda
Ilustrasi MotoGP Marc Marques Tim Repsol Honda

Independen.Net - Pemerintah telah membayar uang kerohiman tahap I untuk pembebasan lahan seluas 63.019 meter persegi di Batek Bantar, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok.

“Nilai pembebasan lahan itu mencapai Rp 2,8 miliar. Saya harap bulan ini selesai,” kata Menteri Kordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan resmi Kementerian Koordinator Kemaritiman Senin (3/4/2017).

Dengan rampungnya sengketa lahan itu, sirkuit MotoGP, yang termasuk dalam rencana pengembangan KEK Mandalika oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dapat segera dibangun. Sirkuit tersebut akan dibangun oleh perusahaan investor dari Prancis, Vincy.

“Pak Kepala ITDC mengatakan hampir Rp 6 triliun akan segera masuk dari satu investor Prancis (untuk) membuat hotel dengan sirkuit MotoGP. Sudah pasti, sudah ditandatangani Presiden,” kata Luhut. Sirkuit ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah KEK Mandalika.

Sebelumnya, Manajemen Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyatakan sirkuit MotoGP yang akan dibangun di KEK Mandalika merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Designer-Developer-Operator MotoGP pada 20 Januari lalu.

Targetnya, sirkuit yang dapat menampung 50 ribu penonton ini rampung pada 2019. Sirkuit ini juga akan menjadi sirkuit jalan raya MotoGP yang pertama. Saat gelaran MotoGP tidak berlangsung, sirkuit ini akan menjadi jalan umum yang dapat diakses masyarakat.

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget