Independen.Net

Portal Berita Independen

Apa Itu Asam Lemak Omega-3, Omega-6 & Omega-9

Omega 3, omega 6, omega 9, lemak berguna, lemak yang berguna

Sumber Lemak omega 3, omega6 dan omega 9
Sumber lemak omega 3 omega 6 dan omega 9

Mengerti tentang asam lemak Omega 3, omega 6 dan asam lemak omega 9.

Tubuh kita membutuhkan asam lemak untuk tetap sehat dan berfungsi baik. Bila tubuh kita tidak mendapatkan cukup asam lemak tertentu, maka tubuh kita akan terganggu, dan akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk kolesterol tinggi, masalah jantung, tekanan darah tinggi, depresi, dan kondisi kulit tertentu.
Meskipun dapat ditemukan di banyak sumber makanan seperti di berbagai jenis ikan, minyak, dan kacang-kacangan, asam lemak juga bisa didapatkan dalam bentuk suplemen makanan.
Terdapat banyak jenis asam lemak, masing-masing dengan manfaat kesehatan spesifik tertentu. Tiga jenis asam lemak yang paling penting adalah omega-3, omega-6 dan omega-9.

Asam Lemak Omega-3
Omega-3 dianggap sebagai salah satu asam lemak esensial, yang berarti bahwa substansi tersebut dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Tetapi, tubuh tidak mampu memproduksinya sendiri. Mendapatkan cukup omega-3 memiliki banyak manfaat kesehatan. Omega-3 menurunkan kadar kolesterol, mengurangi gejala asma, dan memberikan bantuan kepada berbagai penyakit peradangan seperti migrain dan arthritis. Terdapat pula indikasi kemampuan omega-3 dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.
Asam lemak ini dapat ditemukan pada berbagai jenis ikan seperti sarden, salmon, tuna, herring, dan mackarel. Orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 dalam diet mereka dapat mengambil suplemen omega-3.

Asam Lemak Omega-6

Seperti asam omega-3, asam omega-6 juga merupakan salah satu asam lemak esensial. Asam lemak omega-6 ini bermanfaat bagi orang yang menderita arthritis, sindrom pramenstruasi, serta penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, dan jerawat. Asam lemak omega-6 juga bermanfaat bagi orang yang menderita attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), asma, penyakit jantung, atau depresi.

Asam omega-6 ditemukan dalam berbagai jenis minyak seperti minyak jagung, minyak bunga matahari, dan minyak kedelai. Asam omega-6 juga tersedia pada berbagai suplemen makanan.

Perlu diketahui, meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, mengkonsomsi terlalu banyak omega-6 bisa berakibat negatif serta berpotensi berinteraksi buruk dengan obat-obatan tertentu.

Asam Lemak Omega-9

Tidak seperti omega-3 dan omega-6, omega-9 tidak dianggap sebagai salah satu asam lemak esensial. Hal ini karena tubuh bisa menghasilkan sejumlah kecil omega-9 sendiri, dengan syarat omega-3 dan omega-6 sudah ada dalam tubuh.

Asam lemak omega-9 memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol, mengurangi gejala radang sendi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menghentikan rambut rontok.

Dimana kita mendapatkan asupan asam Omega-9? Asam Omega-9 dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti alpukat, minyak zaitun, dan minyak wijen.

Demikian penjelasan mengenai asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-9. Semoga berguna.

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget