Independen.Net

Portal Berita Independen

Tips Agar Kulit Wajah Cerah dan Bersinar

Merawat kulit wajah bisa dilakukan di mana saja. Beberapa ahli kecantikan memberikan tips sederhana untuk membuat kulit wajah Anda sehat, cerah, bersinar dan mempesona. Apa saja?
kulit wajah cerah bersinar
Kulit Wajah Cerah dan Bersinar

1. Manfaatkan waktu senggang

Terjebak di kemacetan? Daripada berkeluh kesah, lebih baik manfaatkan waktu untuk perawatan wajah, misalnya memakai masker mata, mengoleskan serum dan sebagainya. Inilah yang dilakukan Francesca Fuso ahli kecantikan di New York City.  Maka itu, siapkan barang-barang perawatan wajah Anda di dalam tas kecil agar bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Barang-barang tersebut bisa hydrogen spray/hydrocortisone, masker wajah, atau sekedar kertas minyak, dan sebagainya.

2. Memijat wajah sendiri

Malas untuk berkaca karena melihat banyak kerutan di wajah? Tak perlu pergi ke tempat perawatan wajah jika Anda bisa melakukannya sendiri. Cara sederhananya adalah dengan memijat-mijat beberapa titik di wajah Anda yang meliputi bagian dalam alis, samping lubang hidung, dan ujung bawah tulang pipi. Selain itu, menurut salah satu dokter kulit di Los Angeles, Jessica Wu, jika Anda melakukan pijatan tersebut ke arah atas sambil menekannya selama 10 detik bisa membuat wajah Anda menjadi rileks dan kencang, lho!

3. Hindari air panas

Hindari mencuci wajah dengan menggunakan air panas karena bisa membuat kulit kering, begitu saran dari Elizabeth Tanzi, profesor bidang kecantikan di George Washington Medical Center.

4. Pastikan kulit tetap lembap

Tantangan bagi Anda yang sering bekerja terpapar sinar matahari dan terus menerus terkena AC adalah harus menghadapi kulit kering. Kulit yang kering membuat pori-pori Anda terus terbuka dan bisa terus membesar. Hal tersebutlah yang membuat kulit menjadi mudah alergi, iritasi, dan memicu peradangan jerawat dan flek pada wajah. Untuk mengecilkan pori-pori wajah, Anda bisa mengoleskan jeruk nipis atau campuran madu dengan putih telur pada wajah.
Untuk melembapkan, Anda dapat menggunakan masker alpukat, tomat, madu, ataupun lotion. Jaga kelembaban kulit wajah dengan memilih pembersih wajah yang cocok bagi kulit. Hindari pula mandi ataupun membasuh wajah dengan air panas/hangat karena akan sangat memicu keringnya kulit Anda.

5. Waspada bibir kering

Menurut Ellen Marmur, seorang dokter kulit asal New York, bibir kering merupakan penanda bahwa kelembapan tubuh Anda sedang menurun. Artinya, sudah waktunya Anda untuk lebih merawat kulit Anda secara rutin. Perawatan yang Anda lakukan bisa sesederhana menggunakan krim, lulur, ataupun masker.

6. Jangan lupa menggunakan tabir surya

Tabir surya adalah hal yang mutlak untuk digunakan, sebisa mungkin setiap hari. Utamanya gunakan tabir surya pada area leher, pundak, dan tangan terlebih dahulu karena area tersebut yang paling sering dan mudah terkena paparan sinar matahari. Untuk area wajah, cari tabir surya khusus wajah agar tidak merusak kulit. Pastikan pula tabir surya yang Anda gunakan memiliki vitamin atau SPF yang tinggi.

7. Hindari menggosok area mata

Seringkali tanpa sadar ketika kita sedih atau lelah, jari tangan bergerak menggosok area mata. Menggosok area mata berbahaya karena dapat mengganggu penglihatan akibat adanya benda asing/kotor yang seketika masuk ke mata. Menggosok mata juga bisa membuat mata Anda terlihat hitam. Karena itu, ketika Anda membersihkan maskara, jangan menggosoknya dengan keras, Anda   cukup menyekanya dengan lembut, kata Jeanine Downie, dokter kulit dari New Jersey.

8. Selalu minum air putih

Air putih memang banyak sekali manfaatnya. Bagi kulit, meminum air putih secara rutin akan membersihkan, mencerahkan dan menjaga kelembabannya. Jadi, jangan lupa  ataupun malas untuk meminum air putih, ya!

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget