Independen.Net

Portal Berita Independen

Apakah Indonesia Darurat Utang?

Utang Indonesia

Benarkah Indonesia Darurat Utang?

Secara global hampir tidak ada Negara di dunia yang terlepas/ tidak mempunyai utang sama sekali, bahkan perusahaan multinasional pun masih mengandalkan utang sebagai salah satu pendukung investasi dan untuk operasionalnya.

Indonesia adalah negara yang menerapkan sistem anggaran defisit dan berimbang. Selama ini pemerintah berusaha untuk meningkatkan capaian penerimaan yang terdiri dari penerimaan pajak, bea cukai, hibah dan PNBP.

Namun, meskipun sudah diusahakan dengan maksimal jumlah penerimaan tidak dapat menutup keseluruhan belanja negara, terutama untuk kebutuhan pembiayaan infrastruktur untuk memenuhi janji dan kewajiban negara kepada rakyatnya. Selisih kurang dari besaran penerimaan dan belanja negara ini yang disebut defisit dan harus ditutup melalui pembiayaan. Salah satu sumber pembiayaan yang paling besar adalah melalui utang.

Selain itu kebutuhan pembangunan, yang saat ini digalakkan adalah pembangunan infrastruktur prioritas nasional, kendala yang dihadapi adalah kapasitas APBN kita yang terbatas untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

Selama utang itu digunakan untuk hal yang produktif seperti pembangunan infrastruktur yang langsung memberi dampak positif di masyarakat, utang bukan hal yang perlu ditakutkan dan dikuatirkan.

Pembangunan infrastruktur perlu dipercepat dan merata diseluruh wilayah Indonesia, sehingga membutuhkan dana yang sangat besar. Namun demikian setelah infrastruktur terwujud, kondisi ekonomi dan sosial daerah/wilayah tersebut akan tumbuh lebih baik.

Mungkin Anda memiliki kekhawatiran akan dampak dari utang tersebut. Namun, selama utang itu digunakan untuk hal yang produktif seperti pembangunan infrastruktur, utang bukan hal yang perlu ditakutkan dan dikuatirkan. Melalui belanja yang produktif seperti untuk infrastruktur, pendapatan per kapita nantinya bisa meningkat. Dan jika pendapatan tersebut sudah meningkat, maka Indonesia akan mampu membayar dan terlepas dari utang.


Labels:
Reactions:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget