Independen.Net

Portal Berita Independen

Tips Mendapat Bea Siswa LPDP

Tips Mendapat Beasiswa, LPDP, Eko Prasetyo

Eko Prasetyo Dirut LPDP
Eko Prasetyo Direktur Utama Layanan Umum LPDP
Direktur Utama Badan Layanan Umum (BLU) LPDP Eko Prasetyo membagikan tips jitu untuk mendapatkan beasiswa LPDP. 

Pertama, pendaftar beasiswa LPDP harus gigih dalam mempersiapkan segala persyaratan yang ada. Mulai dari mengikuti tes hingga melengkapi dokumen persyaratan.


"Seleksi LPDP itu panjang. Dari mulai seleksi administrasi hingga seleksi wawancara," kata Eko di sela LPDP Edu Fair 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Selasa (31/1).

Kedua, peminat LPDP harus percaya diri. Jangan sampai meminta bantuan orang lain untuk mewakili dalam mengerjakan tes.


“Ketiga, kuasai Bahasa Inggris karena merupakan bahasa pengantar saat belajar di luar negeri," ujarnya.


Keempat, peminat beasiswa LPDP harus adaptif terhadap kondisi lingkungan. Dengan demikian, penerima beasiswa LPDP tidak akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi di luar negeri.


Eko menyayangkan, meskipun jumlahnya kecil, beberapa penerima beasiswa LPDP tidak bisa menamatkan studinya di luar negeri. Jika hal itu terjadi, uang beasiswa yang diberikan harus dikembalikan kepada negara.

"Banyak yang gugur karena tidak bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang baru, cara belajar yang beda. Sekolah S1 di Indonesia kan beda dengan S2 di luar negeri," jelasnya.

Kelima, akan lebih baik jika peminat beasiswa LPDP telah diterima di universitas yang berkualitas.

Hal itu dapat dibuktikan dengan menyertakan Surat Diterima (Letter of Acceptance/LoA) dari universitas yang bersangkutan. 
"Memang kalau punya LoA posisi tawarnya lebih tinggi," jelasnya.

Eropa Terfavorit

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan saat ini negara-negara di Eropa merupakan negara favorit tujuan studi bagi penerima beasiswa LPDP. Diduga, promosi agresif dari negara-negara di Eropa menjadi faktor pemicunya.

"Ini jadi peluang bagi teman-teman untuk sekolah di Amerika dan Asia karena dalam konteks Indonesia masih dibutuhkan. Kalau semuanya ke Eropa, keahlian kita tidak ada diversifikasi" ujarnya.

Sebagai informasi,hingga kini, beasiswa LPDP telah diberikan kepada 16.293 pelajar Indonesia di mana 10.406 diantaranya tengah menempuh studi baik di dalam maupun di luar negeri. Tahun ini, sekitar 5000 putra bangsa mulai menjalani studinya dengan biaya dari LPDP.

Adapun beasiswa LPDP berasal dari hasil investasi dana kelolaan LPDP. Tahun lalu, dana kelolaan LPDP mencapai Rp20 triliun. Tahun ini, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 mengalokasikan Rp2,5 triliun tambahan sehingga total dana kelolaan LPDP bakal mencapai Rp22,5 triliun.

Baca juga:
Sri Mulyani: LPDP Glontorkan Rp 2.5 triliun untuk Beasiswa Pendidikan Tinggi
- Begini Cara Mendapat Beasiswa LPDP EduFair
- Tips Mendapatkan Beasiswa LPDP dari Dirut LPDP Sendiri.
Reactions:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget