Independen.Net

Portal Berita Independen

Kecepatan XL Mencapai 370 Mbps Awal Tahun 2017

kecepatan XL tembus 370 Mbps
Vice President XL Rahmadi Mulyohartono memperkenalkan teknologi terbaru 4x4MIMO 256 QAM

Operator seluler XL mencapai kecepatan 370 Mbps di awal tahu 2017 ini. XL menerapkan teknologi baru untuk meningkatkan kecepatan akses jaringan.

Teknologi yang dimaksud adalah pembaruan software guna efisiensi spektrum yang dimiliki oleh XL, yakni dengan penerapan software 4x4 MIMO  dan modulasi 256 QAM.  QAM adalah kepanjangan dari  Quadrature Amplitude Modulation, salah satu teknik modulasi jaringan termutakhir. Pada versi 256 QAM ini, sebuah ponsel LTE bisa menyentuh kecepatan unduh 370 Mbps, unggah 20,23 Mbps, dan latency 20ms.

Vice President LTE XL Rahmadi Mulyohartono di Graha XL Jakarta, Kamis (12/1/2017), dalam sebuah test drive jaringan 4.5G Modulasi 256 QAM,  Rahmadi menunjukkan bahwa kecepatan akses internet 4.5G XL mencapai 370Mbps.

Teknologi 4T4R MIMO (4 antena pemancar dan 4 antena penerima) sebetulnya sudah diterapkan XL sejak November 2016 lalu.  Hanya saja versinya masih 64 QAM dengan kecepatan maksimal 280 Mbps.  Dengan menambah sofware update 256QAM bisa menambah kecepatan 30% jaringan,  seperti yang dikatakan Rahmadi.

"Secara teknis, hanya dengan software update, bisa tambah kecepatan hingga 30 persen yakni dari 280Mbps menggunakan teknologi 4x4 MIMO 64 QAM menjadi 370Mpbs saat menggunakan teknologi 4x4 MIMO 256 QAM," ujar Rahmadi menjelaskan kepada media.

Rahmadi Mulyohartono menyebut juga, bahwa penggunaan modulasi terbaru ini lebih efisien ketimbang menambah menara BTS baru.

"Modulasi ini bakal lebih efisien dalam penggunaan spektrum,"ujar Rahmadi.

Meski demikian penerapan 4,5G LTE 256 QAM ini masih cukup terbatas baik secara perangkat maupun jangkauan. Dalam hal perangkat saat ini masih terbilang sedikit.

Contoh perangkat yang sudah memadai mengadopsi teknologi XL ini adalah Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, Qualcomm MTP 188996, Xiaomi mi5, LG V20, Asus Zenfone 3 Deluxe, serta Sony XZ.

Senior Director & Country Manager Qualcomm Shaneddy Ong yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, beberapa smartphone yang terminalnya telah mendukung teknologi 4x4 MIMO Modulasi 256 QAM di antaranya adalah Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, Asus Zenfone 3 Deluxe, Sony Xperia XZ, Xiaomi Mi 5, dan LG V20.

Lantas, bagaimana dengan perangkat yang terminalnya tidak mendukung dengan teknologi ini? Tak masalah, sebab teknologi 4x4 MIMO 256 QAM ini rupanya juga bisa meningkatkan kecepatan download internet hingga 65 persen.  Selain itu, akses internet di dalam ruangan pun bisa meningkat hingga 2 kali lipat dibandingkan sebelumnya.

Sementara wilayah cakupannya masih berpusat di kota-kota besar di pulau Jawa. Seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dengan tambahan Denpasar.

XL memproyeksikan daerah di luar Jawa seperti Medan dan Makassar dapat segera menerima kualitas jaringan terbaru dari mereka dalam waktu dekat.

Reactions:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget