Independen.Net

Portal Berita Independen

Penandatanganan Dua Kontrak Jual beli Tenaga Listrik: Penyediaan Tenaga Listrik PLN Berpotensi Hemat Rp1,1 Triliun per Tahun

MoU PLN Riau dan Sulut

Independen.Net, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PT. PLN) Persero, Jum'at (7/4) menandatangani dua Power Purchase Agreement (PPA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 Megawatt (MW) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sulut-3 berkapasitas 2x50 MW di Auditorium Kantor Pusat PLN, Jakarta.

Penandatanganan ini sebagai salah satu upaya untuk mendukung pemerintah dalam pemenuhan kelistrikan Indonesia melalui program 35.000 MW.

Direktur Pengadaan PT PLN Supangkat Iwan Santoso saat ditemui di acara yang sama menjelaskan bahwa Pemerintah terus mendorong kebijakan 35.000 MW untuk peningkatan kelistrikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan listrik sebagai pendorong utama ekonomi.

"Ini adalah IPP pertama yg ditandatangani di tahun ini. Dua pembangkit ini sebagai bagian program 35.000 MW yang mempunyai peran strategis di Sumatera dan Sulawesi Utara, Pemerintah juga mengharapkan dapat beroperasi tepat waktu", jelasnya.

PLTGU Riau 1x275 MW akan dibangun oleh PT Medco Ratch Power Riau dengan investasi sebesar US$ 300 juta. PLTGU tersebut dijadwalkan Commercial Operation Date (COD) pada tahun 2021. Pembangkit ini akan disalurkan ke sistem ketenagalistrikan Sumatera bagian Tengah dan Selatan.

Sedangkan PLTU Sulut-3 (2x50 MW) yang akan dibangun oleh PT Minahasa Cahaya Lestari dengan investasi sebesar USD 215 juta, akan COD pada pertengahan tahun 2020. Listrik dari PLTU ini akan disalurkan ke sistem kelistrikan Suluttenggo.

Secara keekonomian, PLTGU Riau akan memberikan penghematan untuk PT. PLN sekitar Rp. 700 miliar per tahun. Sedangkan untuk PLTU Sulut 3 diperkirakan memberikan potensi penghematan sebesar Rp. 422 miliar per tahun. (BAM)
Labels:
Reactions:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget