Independen.Net

Portal Berita Independen

Jakarta–Surabaya Akan Terhubung Ruas Tol Pada 2018

Jokowi  Budi Karya Sumadi tol Bawen
Presiden Jokowi saat mendapat penjelasan di lokasi pembangunan Jalan Tol Bawen – Salatiga
Independen.Net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, Insha Allah nanti 2018 akhir Jakarta – Semarang, Semarang – Solo, Solo – Surabaya akan tersambung ruas tol. Selanjuntya ke arah timur, Surabaya – Banyuwangi juga 2019 sudah selesai.

“Sambung dari ujung ke ujung di Jawa,” kata Presiden Jokowi usai meninjau lokasi pembangunan Jalan Tol Bawen – Salatiga di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (8/4) siang.

Pembangunan Jalan Tol Bawen – Salatiga itu, menurut Presiden, merupakan bagian dari jalan tol Jakarta ke Semarang, Semarang – Solo, Solo – Surabaya, Surabaya – Banyuwangi.

“Ini ruas Bawen – Salatiga yang sudah bertahun-tahun tidak bisa selesai karena masalah pembebasan lahan,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi mengaku bersyukur karena hampir rata-rata di setiap ruas, setiap seksi, 97 sampai 99 persen lahan ini sudah terbebaskan.

Menurut Presiden ada berbagai problem yang  dihadapi dalam pembangunan tol ini, misalnya di ruas Bawen – Salatiga, di Tuntang, problem paling berat  berhadapan dengan bukit-bukit yang memerlukan pemotongan. Kemudian membawa tanah itu menuju tempat yang lain.

“Ini seperti tadi saya sampaikan, hampir 2 juta meter kubik yang harus dipindahkan. Ini baru selesai, masih sisa 140.000 meter kubik, juga harus diselesaikan,” pungkas Presiden Jokowi.

Walaupun gerimis, warga sekitar tampak sangat antusias menyambut kedatangan Presiden yang dalam kesempatan itu didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Dalam perjalanan menuju lokasi kunjungan berikutnya, Presiden Jokowi pun menyempatkan diri untuk turun menyapa warga dan membagikan buku.

Dalam peninjauan ini Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
(DNA/FID/ES)

Posting Komentar

[blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget